Konteks dari hukum kekekalan momentum sudut

imagesPernahkan Anda menggulung benang layangan dengan kaleng bekas? Jika dua buah kaleng, yang satunya kecil dan yang satunya lagi besar, digunakan untuk menggulung benang, kaleng manakah yang akan menyebabkan putaran tangan kita lebih cepat jika panjang benang dan waktu yang digunakan adalah sama?

Untuk kaleng bekas yang diameternya lebih besar, maka jari-jarinya juga besar. Jari-jari yang besar akan memberikan momen inersia yang besar juga. Dengan momen inersia besar, menurut hukum kekekalan momentum sudut, akan menyebabkan kecepatan sudut kecil. Sebaliknya, kaleng bekas yang diameternya lebih kecil, maka jari-jarinya juga kecil. Jari-jari yang kecil akan memberikan momen inersia yang kecil juga. Dengan momen inersia kecil, menurut hukum kekekalan momentum sudut, akan menyebabkan kecepatan sudut membesar. Itu sebabnya, menggulung dengan kaleng bekas yang diameternya lebih kecil akan menyebabkan putaran tangan kita menjadi lebih cepat dibandingkan menggulung dengan kaleng bekas yang diameternya lebih besar.


Donasi


Terima kasih kami ucapkan karena sudah mengunjungi blog kami, semoga artikel-artikel di blog kami beranfaat untuk Anda. Untuk pengembangan blog kami agar menjadi sumber belajar fisika yang lebih baik lagi, besar harapan kami donasi dari pengunjung. Terima kasih yang sebesar-sebasarnya kami ucapkan untuk donasi yang diberikan kepada kami. Donasi dapat ditujukan ke no rekening berikut.

No rekening : 475701000818503 (bank BRI)

atas nama    : Sang Putu Sri Jaya